top of page
  • Writer's pictureQnC Jelly Gamat

Sumber Makanan Untuk Meningkatkan Trombosit

Penyebab Trombosit Turun dan Sumber Makanan Untuk Meningkatkan Trombosit_Kondisi trombosit turun dalam bahasa medis dikenal sebagai trombositopenia. Seseorang yang mengalami trombositopenia, biasanya memiliki trombosit di dalam tubuhnya tidak lebih dari 150 ribu/microliter.


Pada tubuh orang yang sehat, jumlah trombosit yang normal yaitu antara 150 ribu hingga 450 ribu per microliter. Trombosit yang diproduksi dalam sumsum tulang ini berperan penting dalam proses pembekuan darah, sehingga orang yang mengalami trombositopenia sangat rentan mengalami perdarahan.


Penyebab Trombosit Turun


Selain demam berdarah, ada beberapa penyakit lain yang ditandai oleh penurunan kadar trombosit. Penurunan trombosit hingga di bawah batas normal memang kerap diidentikkan dengan demam berdarah, khususnya di kalangan awam. Padahal tidak selamanya demikian. Dalam keadaan normal, trombosit dalam darah mencapai 150 ribu-450 ribu/mm3. Dalam keadaan tidak normal, trombosit yang berperan dalam pembekuan darah ini bisa turun. Keadaan ini disebut dengan trombositopenia, yakni trombosit berada dalam keadaan rendah. Demam berdarah hanyalah salah satu penyakit yang ditandai oleh kadar trombosit turun.


Trombosit rendah bisa disebabkan oleh bermacam hal. Tapi secara garis besar, penyebab trombosit turun karena dua hal yaitu kerusakan trombosit di peredaran darah atau kurangnya produksi trombosit di sumsum tulang.


Penyebab Kerusakan Trombosit

  • Demam berdarah merupakan jenis kerusakan trombosit yang populer di masyarakat dan penyebab kerusakan trombosit dalam DB adalah infeksi.

  • Tifus dapat menyebabkan infeksi yang juga menjadi penyebab trombosit turun.

  • Penyakit ITP (Immunologic Thrombocytopenia Purpura). Ini merupakan penyakit auto-imun di mana zat anti yang dibentuk tubuh malah menyerang trombosit dimana melalui mekanisme imunologi tadi kemudian trombosit menjadi berkurang. Pada ITP, gejalanya bisa berupa bercak-bercak perdarahan di kulit, sementara pada DB, penderita mengalami demam dan penurunan trombosit tapi berangsur normal dalam delapan hari. Jika (trombosit rendah) lebih dari delapan hari maka harus dipikirkan adanya kemungkinan yang lain. Salah satunya adalah ITP.

  • Kasus DIC (Disseminated Intravascular Coagulation). Biasanya, ini terjadi pada pasien dengan penyakit berat. Seperti pasien dengan sirosis hati, shock, infeksi kuman apapun dalam darah yang berat sekali, serta penyakit lupus.

  • Trombosit turun bisa juga dikarenakan produksi yang kurang. Penyakitnya bisa berupa anemia aplastik. Anemia aplastik terjadi jika sel yang memproduksi butir darah merah yang terletak di sumsum tulang, tidak dapat menjalankan tugasnya. ”Pada anemia aplastik, trombosit yang rendah juga disertai leukosit yang rendah sehingga sumsum tulangnya kosong.

  • Penderita penyakit leukemia.

  • Penderita penyakit mielofibrosis.

Makanan Penambah Jumlah Trombosit


Saat jumlah trombosit menurun karena sebab-sebab yang kami sebutkan diatas maka sistem kekebalan tubuh pun ikut melemah. Akibatnya Anda menjadi tidak berdaya dalam melawan penyakit. Berikut adalah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menambah jumlah trombosit dalam darah.

  • Pepaya

Pepaya adalah buah terbaik yang bisa meningkatkan jumlah keping darah Anda. Selain buahnya, mengonsumsi daun pepaya yang direbus juga dapat meningkatkan kadar trombosit Anda secara alami.

  • Delima

Buah berwarna merah ini kaya akan zat besi yang bisa membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit. Selain itu delima yang tinggi akan vitamin dapat membantu Anda dalam melawan penyakit demam berdarah.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung vitamin K yang baik dikonsumsi ketika jumlah trombosit Anda menurun. Selain bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah keping darah Anda.

  • Bawang putih

Selain baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, mengonsumsi bawang putih juga mampu menambah keping darah dalam tubuh. Oleh karena itu jangan buang bawang putih yang biasanya muncul di dalam masakan Anda.

  • Buah bit

Mereka yang mengalami anemia serta sedang lemas, konsumsi semangkuk buah bit setidaknya dua kali dalam seminggu. Buah ini mampu menjaga jumlah keping darah Anda agar tidak turun.


Cara lain mengolah buah bit yaitu dengan memblendernya. Caranya, ambilah satu buah bit segar sebesar kepalan tangan untuk dibersihkan, kemudian dikupas lalu dipotong hingga menjadi beberapa bagian lalu di blender bersama dua gelas air putih. Setelah itu kemudian disaring dan siap untuk diminum sebanyak satu gelas sedang sisanya boleh disimpan di kulkas untuk diminum kemudian. Bagi mereka yang sulit untuk meminumnya karena buah bit ini memiliki aroma yang khas, maka bisa hanya dipotong menjadi beberapa bagian lalu dikukus dan dimakan seperti memakan ubi rebus, namun khasiat dan efeksitasnya lebih baik yang dibuat jus daripada yang dikukus.

  • Hati

Baik hati ayam maupun hati sapi, keduanya bermanfaat untuk menambah jumlah trombosit atau keping darah Anda. Namun pastikan bahwa Anda telah memasaknya dengan benar sebab proses pemasakan yang salah bisa merusak kesehatan tubuh Anda.

  • Kismis

Buah-buahan kering seperti kismis mengandung 30% zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar trombosit secara alami.

  • Aprikot

Aprikot adalah jenis buah yang tinggi akan zat besi di dalamnya. Mengonsumsi sebuah aprikot setiap hari dapat menambah jumlah keping darah Anda.

  • Kurma

Kurma tinggi akan zat besi serta nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk menambah trombosit secara alami.

  • Gandum utuh

Konsumsi gandum utuh lebih baik daripada mengkonsumsi nasi sebagai asupan karbohidrat Anda saat sakit. Sebab gandum kaya akan serat, nutrisi, mineral, vitamin yang baik untuk meningkatkan jumlah keping darah dalam tubuh.


Jenis bahan makanan lainnya yang juga dapat menambah jumlah trombosit:

  • Jus Kurma

  • Jus jambu biji merah

  • Jus Kulit Manggis

Itulah sekilas artikel mengenai Penyebab Trombosit Turun dan Sumber Makanan Untuk Meningkatkan Trombosit, Semoga bermanfaat.


Post by : qnc jelly gamat

35 views0 comments
bottom of page